17 Mei 2008

i am sorry we are closed

tuh judul mantep yak, keinget untuk bikin posting yang udah lama numpuk di kepala. awalnya sih gue biasa beli rokok di kantin underground (basement) pas mo jalan keluar tuh kantin gue liat ada pengumuman yang isisnya "sorry, we are closed". langsung deh otak gue mulai bekerja giat tanpa memikirkan upah, ga kaya yang punya.

nnnah...untuk pembahasan kali ini, saya akan membeberkan tentang dekat ga dekat pokoknya dekat. udah kaya slogan bis kota tuh... kali ini bakal ngebahas tentang kedekatan sepasang manusia yang berbeda jenis. kalo sama jenis mah ngga ada bumbunya, kalo ga temen ya paling homo....

pernah ngga sih ngerasain kalo lu punya hubungan yang dekeeet banget sama temen lu yang laen jenis. bukan pacaran, hanya teman. well, engga semua orang punya tapi pernah tau ngga sih kalo ternyata ada sedikit perasaan dibalik hubungan itu. ya entah dari elunya sendiri atau malah dari temen lu.

contoh kasus, gue deket ama seseorang. sebut aja namanya lunamaya. kita berdua telpon2an, smsan, sering jalan bareng. pokonya kita tuh deket banget. selama ini gue nganggep luna sebagai temen yang baik yang selalu berusaha ada pas gue lagi butuh. tapi ternyata dibalik semua itu ternyata ada yang melihat itu sebagai bukan kedekatan biasa. sebut saja sandra dewi. dia, cewe yang gue taksir, bukan cantiknya yang gue suka dari dia atpi dia terpelajar, kaya, warisannya banyak. itulah yang membuat gue suka. saat gue deketin, tentuuuu dia suka donk. karena pada dasarnya cewe atau cowo pasti seneng ada yang deketin, meskipun keputusannya beda. but, jauuuuh di dalem lubuk hatinya tuh ada perasaan bangga, "astaga, gue masih laku" .

ok balik k cerita. jalanlah gue ama sandra. tapi masalah timbul ketika gue jalan juga ama luna, sandra cemburu, dia ngirain gue pacaran juga ama luna. meskipun sebetulnya gue ngganggep luna biasa aja. ketika gue cerita ke luna, luna cuma diem aja. dari situlah luna terlihat kalau dia melakukan kedekatan ini karena dia suka ama gue, meskipun berpikir ngga mungkin memiliki. karena luna tau, gue lebih memilih sandra.

pernah ga sih ngerasain jadi "gue", "luna" atau malah "sandra"? kedekatan yang mungkin orang lain anggep biasa, tapi beda di kitanya. atau malah di kitanya biasa tapi spesial di hati orang lain?

dari sini gue cuma beberin apa yang ada dipikiran gue. disini ngga ada solusinya. kadang kita salah terjemahin apa yang orang lain rasakan hanya karena kita cuma ngerasain apa yang kita sendiri rasain. betapa berubahnya kita ketika kita tau apa yang dirasain sama orang itu ke kita, atau betapa menderitanya kita ketika tiap harus ketemu, mesti berpura ngga ngerasain apa2?
gue cuma ngasih alternatif...
1. kalo gue sebagai "gue": kedekatan memang balik, tapi memahami perasaan orang jauh lebih baik. ok, kita memang ngga ngerasain apa ke dia. tapi tetep aja, semakin kita diamkan bakal semakin sakit perasaan dianya. apa yang harus dilakukan ketika akhirnya tau kalo ternyata si dia berperasaan lebih ke kita? kalo gue lebih memilih untuk jauh dulu. gue ngga mau perasaan dia ke gue menyiksa dia setiap hari setiap waktu. ok, kita bakal kehilangan. tapi itu sementara lebih baik dari pada kehilangan dia selamanya. so, kalo ngga mau nyakitin perasaan orang lain, jangan pernah ngasih harapan lebih.

2. kalo gue sebagai sandra. hati2 dalam bertindak. iya kalo tuduhan lu bener, kalo ngga? yang ada nama lu jadi jelek karena nuduh yang macem. kalo bener, lu mesti komunikasi ama pasangan lu. apakah dia juga punya rasa atau ngga. kalo ngga, berikan kepercayaan itu ke dia. kasih pengertian untuk ngga nyakitin si "luna" dengan tidak bertindak "terlalu dekat". agak susah memang. tapi disini, kita cuma sebagai penonton yang cuma bisa ngasih saran. okelah hidup kita juga ditentuin dari sini, tapi...tetep ini tentang mereka berdua. kalo misalnya pasangan lu mencoba meyakinkan kalau dia tidak terpengaruh oleh perasaan si "luna"...percaya dan yakinlah....karena pkiran buruk cuma bakal ngerusak hari2 lu.

3. kalo gue sebagai "luna", ngga ada pilihan lain...mengobati dirilu sendiri adalah jalan terbaik. baik lewat jarak, kelakukan atau malah pelarian. tapi sebuah pelarian ngga bakalan pernah nyelesain masalah. saran gue cuma satu, please jangan pernah ngerusak hubungan sesorang. kalo lu keukeuh untuk jalanin itu...gue cuma bersimpati ama elu...feel pitty banget deh... nnnah kalo lu pikir kehadiran elu bakal ngerusak hubungan seseorang, ya udah mendingan lu "cure your self" lah. dengan menghilangkan perasaan lu ke dia dengan maksud agar dia bisa jalanin hubungannya dengan baik, niscaya orang bakal liat lu dengan pandangan yang lebih baik...n itu juga bikin hidup lu bisa lebih ikhlas...

ya udah gitu aja, kalo ada yang ngga suka apa buah pikiran gue, silahkeun...toch ini cuma perspektif gue aja dengan berusaha ngeliat dari sudut yang gue bisa liat. karena dunia ini bulat alias dengan sudut yang tidak terhingga, pasti ada aja sudut yang ngga keliatan...toch pikiran orang beda...

ps. untuk yang no dua...kalo jawabannya iya, lu pikirin sendiri deh...karena kalo gue jabarin di sini yang ada malah soooooo subyektif...


Tidak ada komentar: