20 Juni 2006

coba dengar lebih sabar

mendengar, hear, hoor, entendez, hören Sie, sentasi, ouça, oiga mungkin terdengar sama saja dengan menyimak, listen, luister, écoutez, hören Sie, ascolti, escute, escuche. tapi artinya beda bung...ingat itu!!! (ini apaan sih?)
kadang2 kalo gue sedang nonton film barat yang drama2 yang ada berantem antara anak ama ortunya sering terucap, "yes you hear me, but you're not listen to me". kalo di terjemahin kira2 gini nih,
"ah enyak gimana sih??? ngomong pelan...budeg...ngomong kenceng ngomel2...huh"
iya kaya gitu lah...ups, kayanya gue salah kamus deh. di dictionary.com ngga ada english to betawi sih...
setelah lama karena nyari2 kamus english-betawi tp ngga nemu2 juga akhirnya beli yang versi english-indonesia. tapi udah gue jual lagi buat ongkos pulang. lo pikir nyari kamus ga mahal??? pertama ongkosnye, kalo gue ke ausan, mesti minum kan? trus klo kelaperan, abis itu dugem dulu trus di jalan ketemu cewe matre, ga taunya tuh cewe matre punya pacar preman pasar....ya udah abis dah...paling cuma cukup beli ntu kamus. makanya gue ga bisa pulang, masa gue gue pulang jalan kaki? terpaksa dijual deh tuh kamus. paling kalo ditanyain,
"ris naek apaan lo kesini?"
"naek kamus!"
gue yakin seyakinnya disamber geledek bareng2 mau dah, kalo tuh yang nanya bakalan bingung.
ok setelah tadi OOT (orang-orang tua) sekarang saatnya BTT (banyak tua-tua). berdasarkan kamus yang baru dibeli tapi dijual lagi 10 menit kemudian arti dari "yes you hear me but youre not listen to me" adalah:
"iyes (kaya nama kacang), kamu memang mendengar aku, tapi kamu tidak mendengarkan aku, please deh (biar lebih dramatis)" got the point? (dapet point ga luuu???)
so, yang coba gue perjelas disini adalah, jangan cuma dengar apa kata orang, tapi juga perhatikan maksud didalamnya. kadang orang coba untuk menyampaikan suatu pesan tapi susah diungkapkan dengan kata2, akhirnya malah jadi berantakan gara2 kita ngga sabar untuk menunggu sampai selesai bicara. contohnya:
cowo : aku udah pikirkan ini lama...lama sekali..
cewe : pikirin apa?
cowo : yang aku pikirin sekarang ini..
cewe : yang kamu pikirin sekarang apa?
cowo : iya ini coba aku sampaikan ke kamu...
cewe : iya tapi apa?
cowo : plis deh (biar dramatis dikit) dengerin dulu dong...
cewe : ok
cowo : kita pacaran udah lama, lama banget...
cewe : eh iya tau aku juga ga nyangka kita pacaran tuh udah lama banget...5 tahun ya?
cowo : tar dulu, belum selesai...
cewe : iya
cowo : aku pikir kalo aku ngga tahan lagi...
cewe : kok kamu gitu sih? kita pacaran dah lama lho...kamu masih berpikir seperti itu
cowo : tar dulu dong sayang, dengerin aku dulu
cewe : kamu pikir kita tuh lagi ngapain?
cowo : aku lanjutin dulu ya, kita banyak lalui hujan, banjir, kebakaran hutan, gempa
cewe : ha ama kaya gitu aja kamu nyerah? kamu tuh....@#$%^&
cowo : kamu dengerin ampe selesai donk...
cewe : ngga bisa kamu tuh udah ngecewain aku...aku bete...
cowo : padahal bukan itu maksudku...
cewe : trus maksudnya pa? hayo ngomong!
cowo : ngga deh, lupain aja, udah lupa

see what i mean? coba kalo tuh cewe diem bentar biar cowonya selesai...bakalan beda hasilnya:
cowo : aku udah pikirkan ini lama...lama sekali..
cewe : iya sayang?
cowo : kita pacaran udah lama, lama banget...
cowo : aku pikir kalo aku ngga tahan lagi...
cewe : ... (terdiam sesaat)
cowo : aku ga sanggup lagi pacaran ma kamu...
cewe : (tertunduk dan mulai berkaca2)
cowo : sayang kamu ga apa2? aku akan berhenti kalo kamu bilang berhenti..
cewe : lanjutkan saja sayang, aku akan dengarkan..
cowo : aku cuma mo bilang...
cewe : (memegang sapu tangannya erat2-takut ilang soalnya)
cowo : aku akan berhenti memacarimu...
cewe : kamu...
cowo : dan akan melamarmu...menjadi istriku...
cewe : a...(deg! mendongakkan kepala, memandang cowonya dengan perasaan tak percaya)
cowo : (berlutut) cewe ku sayang...maukah kamu jadi istriku???
cewe : oh cowoku...aku mau...aku mau sekali...aku cinta kamu (pelukan ala teletubies)
cowo : aku juga mencintaimu
cewe : kenapa...mendadak kamu ingin menikahin aku?
cowo : aku baru menang sensasi 2 milyar...

tuhkan...coba kalo ga dengerin...kaga dapet 2 milyar tuh...so listen patiently...maka semuanya akan jelas...jelas2 dapet 2 milyar gitu loch. sekarang siapa yang mau gue lamar? gue belum menang sensasi 2 milyar sih, tapi gue udah menang cari sensasi. mirip2 kan?

ps: bukan untuk ditujukan untuk siapa2, cuma untuk orang yang mau mendengarkan... kedengeran ga? ngga kan? kan kaga ada soundnya...gimana sih??? makanya dengarkan aku. halah!

Tidak ada komentar: