22 September 2006

your head, your honour

idih kenapa tuuu judulnya?
well, berdasarkan pengalaman gue sendiri yang paling ngerasa ngga nyaman kalo kepala gue diperlakukan semena2.
berawal dari suatu malam, kita sedang asyik2nya bercanda..biasalah bercandanya kaya kuli. main cubit, goblok2an tapi dalam batas yang masih bisa diterima gitu deh. hingga tiba2...
duink!!!
bunyi apa itu??? itu bunyi kepala gue di"tonyo", tonyo itu kaya dihempaskan, digoyang2, diitu lho...aduuuuh gimana ya jelasinnya. gue peragain deh.
1. bisa jurus uler? nnnah...tangan elu tuh kaya jurus uler
2. gerakan tangan "uler" lu ke arah kepala lawan lu
3. dorong deh kepalanya pake tangan lu. getto...
kok gue kaya ngajarin silat sih??? ya pokoknya gittu deh.
setelah terkena jurus uler ga sopan itu, yang ada temen gue udah ngeliat muka gue berubah gitu.
"kenapa lu?" tanya temen gue (cewe, lebih tua jauh banget dari gue).
"elu jangan gituin kepala gue"
"emang kenapa?" kan gue lebih tua dari elo"
"tetep aja ga sopan, kalo cewe gituin kepalanya cowo"
"alah gitu aja sewot"
jelas gue sewot. gue yang dibesarkan oleh orang jawir asli (bokap nyokap jogja) bener2 menjunjung tinggi kehormatan. dimana kepala adalah salah satu komponen yang dihormati dan dicintai.
itulah kenapa kadang2 gue tuh aga2 cerewet soal kehormatan. baik itu kehormatannya cowo atau gender lain. ntah kenapa kadang2 gue lebih perduli ama gender lain dari pada diri sendiri. itu sebabnya temen gue yang cewe sering ngomong ke gue. "ris, kok elu bisa ngerti jalan pikiran cewe sih ris?" well emang, gue masih belajar ke situ, tapi ngga semua bisa dingertiin kok. ada aja bagian lain dari cewe yang sulit banget dimengerti. tapi gue masih berusaha sampai sekarang. gue pikir2 ada gunanya juga gue baca majalah "Gadis" waktu masih kecil. ketauan deh...
ok, back to topic, apakah karena kepala adalah salah satu kehormatan cowo, maka cewe ngga boleh megang kepala cowo? jawabannya bukan (kalo kaga percaya, boleh tanya bu guru, gue yakin jawabannya sama). so apa yang boleh cewe perbuat terhadap kepala cowo? well...take alook at this...
1. boleh dipeluk
2. boleh dielus2
3. boleh dicium
4. boleh diacak2 tapi kemudian dirapihkan kembali (yang diacak2 itu rambutnya ya...jangan mukanya! susah ngaturnya lagi)
5. boleh digaruk2 (sumpah, yang ini gue suka banget)
so, apa itu berlaku sebaliknya? betul itu! cowo juga ngga boleh make "jurus uler" ke kepala cewenya...kehormatankan bukan punya cowo doank, cewe juga punya. so...kalo ngga mau diperlakukan ngga sopan, perlakukan orang lain dengan sopan.

ps: untuk no 5, kalo bisa digaruk ama satu orang aja (pasangan). karena kalo digaruk beramai2 berarti razia PKL (Pedagang Kaki Lima)

mumpung besok mo puasa...mohon maafin gue ye...kalo ada (banyak) orang yang ga berkenan ama tulisan gue. sory juga buat orang2 yang ngga gue link, meski sering ke blog gue. kalo ga sibuk gue link deh....Met Puasa....

Tidak ada komentar: