06 Januari 2019

sunnatullah, azab atau ujian?


ih semalem lupa posting. engga apa apa ya telat dikit. yaaa telat 8 jam lah. hahaha kalau gue kordinator demo bayaran udah diburu peserta karena pada kelaparan.

gue akan membahas kajian yang gue ikuti kemarin. yang disampaikan oleh ustad lulisan libya. yaaa ada kemunhkinan satu almamater sama ustad adi hidayat cuma beda nasib.
menyoroti masalah jangan suka ribut di grup masalah bencana alam. ada yang type fenomena alam atau sunnatullah, type azab yang menghukumi kalau bencana terjadi karena ada kemaksiatan. ada juga type ujian yaitu bencana terjadi sebagai ujian.
semua itu benar.
karena kalau fenomena alam itu memang sudah di rencanakan sedemikian rupa agar bisa menerangkan kepada manusia BAGAIMANA itu terjadi ditambah dengan campur tangan Allah yang menentukan MENGAPA itu terjadi.

untuk azab juga benar, karena dari suatu kaum ada saja yang berbuat maksiat dan Allah turunkan untuk menghukum mereka. ini khusus untuk para pelaku maksiat.

untuk ujian juga benar. ditujukan krpada yang terselamatkan sebagai teguran agar mereka kembali mendekat kepada Allah. agar tobat dan menjadi orang yang lebih baik amalnya.

intinya. jangan pada ribut di grup whatsapp gara gara gini. jangan pada mikir negatif, jangan ngomong negatif. jangan jadi ujub (berasa bener sendiri) yang berujung pada perdebat tiada manfaat. yang ada bukannya pada sadar malah jadi perpecahan. mikiro jal.

setelah kajian, disuguhi soto ayam hasil sumbangan jamaah mesjid. Alhamdulillah. kalo ini termasuk sunnatullah, azab, atau ujian? kalo masih milih salah satu juga berarti dakwahnya ga sampai. tinggal makan aja ribet beudh.

ps : ada pepatah, seseorang akan dimatikan seperti saat dia hidup. pepatah lho ya, bukan hadist...

@30haribercerita
#30haribercerita
#30haribercerita2019
#30hbc1905

Tidak ada komentar: