23 April 2014

sakit sakit

minggu lalu, dapet kabar kalo kiran sakit. taunya ya pas rabu sore setelah di bbm ibunya. badannya panas kata ibunya. trus gue bilang, ya dipantau aja seperti biasa tiap 4 jam sekali. kaya waktu itu aja, kiran pernah panas hingga suhu tubuhnya 41C. akhirnya dibawa ke rumah sakit trus di berikan pertolongan.

emang internet itu sumber informasi. cuma karena kebanyakan sumber takutny malah jadi keblinger. akhirnya kita nyoba cara yang kita anggap efisien.

1. pantau suhu anak menggunakan termometer tiap 4 jam sekali
2. kalo suhu tubuh mencapai 38C, kasih obat penurun panas berupa sirup atau obat oral lainnya.
3. kalau udah mencapai 39C, kasih obat dari dubur. kalo bisa cepetan masukinnya, karena nih obat mudah lumer.
4. kalo udah lebih dari 3 hari, bawa ke dokter atau konsultasi.


nah kiran ini udah hari minggu agak mendingan, tapi kok tubuhnya muncul bercak merah yang sebenernya dari hari sabtu udah keliatan tapi dikit. tadinya gue pikir kulitnya aja yang kering karena tubuhnya panas. tapi karena makin banyak dan makin rewel, akhirnya periksa ke dokter. kata dokternya sih, si kiran ke campak (atau tampak gitu ga jelas dengernya) tapi yang jelas didiemin juga sembuh. mirip2 roselia kata dokternya. bedanya kalo campak cuma dateng 1 kali seumur hidup, kalo roselia ya bisa dateng lain kali. selain itu ngga ada bedanya sama sekali. btw, make sure bercak dibadan itu bukan demam berdarah dengan cara kulit si anak kalo direnggangkan.kalau setelah di renggangkan atau dilebarkan atau dijembrengkan bercaknya hilang berarti bukan demam berdarah.

yang jelas sekarang si kiran udah sembuh lah. dan udah bisa cium tangan dan tepok tangan lagi ama bapaknya. horeeee...

Tidak ada komentar: