09 September 2008

you'll get what you've plant

itu nyang diatas ntu, artinye kira2 kau tuai yang kau tanam. yoi banget, tuh semboyan alias idiom emang masih berkembang di masyarakat yang sekarang ini terombang ambing oleh kemajuan teknologi yang begitu pesat. hingga nilai2 kebudayaan pun bergeser, yang benar jadi jarang, yang salah jadi maklum. cieeh...ngomong apa sih gue? biasalah kalo lagi kelaperan suka berhalusinasi sendiri. ngga jelas mo ngomongin apa. tapi sebenernya gue cuma pengen cerita....
tadi pagi, pas jakarta lagi macet yang bukan kepalang (sebenernya sih macet bentar aja, cuman kalo ngga dilebih2in ngga seru ceritanya) gue sebagai pengguna jalan yang menggunakan sepeda motor seperti biasa nyempil2 di antara 2 mobil yang berdampingan. saat itu gue stuck alias ngga bisa kemana mana, sebagai pengguna motor yang memang diharuskan bisa melihat celah yang "aman" untuk dilalui, berpikirlah gue untuk cari celah alternatif. saat itu gue ngeliat mobil di sebelah kiri gue kurang maju hingga menimbulkan celah yang cukup besar untuk gue lewati. tapi rupanya rencana hanya rencana, janji tinggal janji dan sumpah tetaplah sumpah (apa siiiih?) begitu gue berhasil nyampe di depan tuh mobil, lalu lintas yang tadinya mau gue lewati jadi begitu deras n ngga meninggalkan kesempatan buat gue lewat. hingga suatu saat gue ngeliat sedikit kelenggangan untuk lewat, sebuah motor berhenti dan menghadap tepat di samping roda depan motor gue. keheningan itu cukup singkat, sampai suatu waktu dalam hitungan sepersekian detik, pengendara motor itu udah menengadahkan tangannya ke depan dan menggerakkannya dari bawah ke depan. itu artinya kira "go ahead". gue pun dengan leluasa bisa lewat dengan senyumnya gue lewat sambil memberikan kode "tararengkyu" pakai tangan kiri.

hueheheh ngga penting ya?
jangan ambil keputusan dini sebelum mendengarkan semuanya...

saat itu gue cuma keinget perbuatan gue selama ini, dengan memberikan kesempatan buat pengguna jalan yang laen untuk lewat, baik orang yang nyebrang atau cuma memberikan tempat didepan saat motor gue dan motor orang lain nampak "berebutan". gue cuma ngga nyangka kalo perbuatan gue tersebut bakal ada manfaatnya buat orang meskipun kecil banget. kenapa bisa mikir gitu? karena kini gue yang gantian di gituin...huehehe

ini mempertegas teori gue soal karma...iya, orang ngga pernah tau atau ngga pernah nyadar kalo suatu ketika ada kesialan, masalah, musibah, fitnah, atau apa yah...itu adalah bayaran atas perbuatan mereka dimasa lalu. well, gue memang bukan pujangga, tapi pernah ga sih pas dapet musibah atau apapun itu, lu nganggep itu sebagai karma atau balasan atas perbuatan lu yang dulu?

rupanya ya itu tadi, sebuah karma yang kita tabung di diri kita, suatu saat bakal keluar meminta penebusan. seperti kaya lu ngejahatin orang, trus suatu saat lu bakal dijahatin lagi ama orang lain. kalo udah kaya gitu, jangan yang marah2 atau sewot atau apa...mendingan introspeksi...pernah ga sih lu ngelakuin ini ke orang lain???

pernah ga mikir kenapa lu sekarang di khianatin orang yang lu cinta banget, mungkin karena lu dulu pernah khianatin orang yang sayang ama elu banget. pernah ga mikir...kenapa sekarang lu di jauhin sama temen2 deket elu, ya mungkin karena dulu lu pernah ngejauhin mereka, jadi makanya mereka kapok deket2 elu. kenapa lu sekarang di omongin yang jelek2 sama orang lain? mungkin karena lu dulu pernah ngomongin yang jelek2 tentang temen lu?

semua orang pasti pernah mikir, kenapa siiiy gue bisa kaya gini? bisa kena yang kaya begini? atau ngalamin seperti ini? pasti pernah...

tapi pernah ga sih mikir kalo lu kena karena lu nebus perbuatan lu dimasa lalu? pasti jarang...hueheheh

jadi maksud gue gini deh...stop memperlakukan orang lain dengan buruk, atau malah nyalahin orang lain atau kondisi sehingga lu ngalamin kaya begini...mendingan mulai melakukan hal yang baik deh. atau introspeksi diri biar diri elu bisa tau kesalahan diri lu...biar kecil asal selamat (lho). gue pernah kok posting tentang "please give me candle so i can light up the sun" itu intinya sih sama aja. perlakukan orang lain dengan baik, dengan setara, dengan adil. bukan terus pas lu ngga ada perlunya lu ngilang tapi pas lu ada perlu ujug2 muncul....ngga gitu lah, dengan gitu semua orang mau ngga mau bakal males kenal ama elu...

intinya ya...berbuat yang baik lah, ngga perlu terbaik karena menyenangkan semua orang itu ngga mudah, bukan berat tapi ngga mudah. lu mulai deh sama orang2 sekitar, keluarga, pacar, keluarganya pacar, temen, keluarganya pacarnya temen...huehehehe

cuma gue pengen negesin satu hal....gue kan ga pernah ngeduain orang, trus kenapa gue di duain sampe 2 kali??? itu sih bukan karma, tapi nasiiib....

Tidak ada komentar: